Warga Jakarta Diminta Terus Waspada, Ini Ketinggian Air di Pos Pantau Ciliwung Depok

Ketinggian air di pos pantau Ciliwung Kota Depok, Senin,(8/2/2021)

Depok, Akuratnews.com - Warga Jakarta, khususnya yang tinggal di pinggir sungai Ciliwung perlu terus waspada. Ketinggian air di pos pantau Ciliwung Depok berada di zona biru atau berada di angka 200 sampai 260 centimeter pada Senin (8/2) siang.

Status tersebut dinilai sebagai level zona orange dan bagi warga Jakarta terutama yang berada di bantaran sungai di wilayah Jakarta bisa waspada lantaran pada pukul 10:00 wib pagi tadi ketinggian air berada diangka 280 centimeter.

"Levelnya siaga 2. Untuk warga yang berada di bantaran kali yang ada di wilayah Jakarta harus waspada," ujar penjaga pos pintu air di Ciliwung Depok, Arman, Senin (8/2).

Arman mengatakan, kondisi ketinggian air pada satu hari lalu cenderung berada di bawah level biru. Rata-rata ketingian air berada diangka 200 hingga 205 centimeter pada pukul 07.00 WIB pagi tadi.

"Pada kemarin pagi pukul 10.00 dan malam hari pukul 23.00 WIB ketinggian air tercatat sempat mencapai 250-260 centimeter. Namun jelang pagi mulai turun. Air kembali meningkat di angka 260 centimeter pada pagi dan siang hari ini," katanya.

Untuk sampai di wilayah Jakarta, lanjut Arman, debit airnya bisa membutuhkan waktu sekitar 6 jam kedepan.

"Biasanya air akan sampai Jakarta sekitar enam jam kedepan," katanya.

Dari data pos pantau Ciliwung pada Minggu,(7/2) pagi tercatat, ketinggian air sempat berada diangka 200-260 centimeter.

Ketinggian air di pos pantau Ciliwung Depok mulai kembali masuk pada level waspada jelang siang dan pada malam hari kemarin. Level waspada kembali terjadi pada siang hari ini.

Selebihnya data dari pos pintu air Ciliwung Depok hanya tercatat berada diangka ketinggian air mencapai 155 hingga 200 centimeter.

Penulis:

Baca Juga