oleh

Pasar Sambut Positif Pilihan Jokowi

Jakarta, AkuratNews.com – Pilihan Joko Widodo atau Jokowi mengandeng Maruf Amin sebagai cawapres dalam pipres 2019 disambut positif pasar.

Setelah dideklarasikan sehari sebelumnya, pasangan Jokowi – Maruf Amin melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum hari Jumat Pagi (10/08).

Bursa saham Indonesia menguat, bahkan dibuka lebih tinggi dari penutupan sebelumnya, di 6.064. Pasar menyambut antusias pilihan pasangan ini dengan dibuka pada 6.084.

Setelah proses pendaftaran Jokowi selesai, pergerakan IHSG terus positif. Bergerak mengayun naik hingga menyentuh level tertinggi saat ini, sebelum makan siang di 6.107.

Gerak penguatan IHSG juga diikuti nilai tukar dolar terhadap rupiah. Rupiah dibuka menguat 0,02 persen menjadi Rp14.429 per dolar dari sebelumnya senilai Rp14.432 per dolar.

Sementara saham Saratoga Investama Sedaya, dimana Sandiaga Uno memiliki 27% saham, mengalami kenaikan. Harga saham Saratoga dibuka Rp3.800 per saham, naik 2,39 persen dari sebelumnya Rp3.710 per saham. Kondisi serupa sudah terjadi saat pencalonan Sandi sebagai cawapres pasangan Prabowo Subianto beredar di media.

Di luar sentimen positif terhadap IHSG dan saham perusahaan milik Sandi, tetap saja ada anggapan bahwa proses politik seperti Pilpres maupun Pemilu bisa memberikan ketidakpastian bagi investor di pasar modal. Dengan asumsi, peluang adanya rezim baru yang membawa kebijakan baru sangat terbuka. Artinya, arah ekonomi dan sektor keuangan juga bisa berpotensi berubah.

Sementara itu, pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, akan melakukan pendaftaran setelah Sholat Jumat.

Diperkirakan sesi kedua perdagangan hari ini masih akan positif.

Komentar

News Feed