3 Keutamaan Mengkhatamkan Al-Quran di Bulan Ramadhan

Al-Quran
Al-Quran

AKURATNEWS - Setiap muslim pasti sering mendengar bahwa bulan Ramadhan adalah bulannya Al-Quran. Karena memang bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan banyak berkahnya.

Membaca hingga mengkhatamkan Alquran di bulan Ramadhan, Allah SWT akan melipatkan setiap huruf yang dibaca menjadi 10 kebaikan.

Keutamaan membaca Al-Quran sangat banyak dijelaskan, salah satunya adalah Sabda Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa salam,

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” ( HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

Oleh sebab itu, membaca atau mengkhatamkan Al-Qur'an di bulan Ramadhan menjadi salah satu ladang kebaikan karena keutamaannya tersebut.

Bagi kalian yang sedang berusaha untuk membaca Al Quran dan mempelajarinya dengan baik di bulan Ramadhan ini, mungkin kalian perlu mengetahui apa saja keutamaan terutama khatam Al Quran di bulan suci Ramadhan.

Nah, berikut beberapa keutamaan mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan yang dirangkum AKURATNEWS;

1. Didoakan Malaikat

Sebanyak 60 ribu malaikat akan berdoa memohon ampunan untuk seseorang yang mengkhatamkan Al-Quran. Hal ini tertulis dalam hadis riwayat ad-Dailami, Nabi ﷺ bersabda:

"Ketika seorang hamba mengkhatamkan Al-Qur'an, maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya."

Bahkan jika seseorang membaca 100 ayat dalam semalam, maka akan dicatat seluruh kebaikannya pada malam itu juga.

2. Amalan yang paling disukai Allah

Dalam salah satu riwayat, seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah ﷺ tentang amalan apa yang paling dicintai oleh Allah Swt, dan Rasulullah pun menjawab.

“Wahai Baginda Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai oleh Allah?” Beliau menjawab, "Al-hal wal murtahal."

Orang ini bertanya lagi, "Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "Yaitu yang membaca Alquran dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal." (HR Tirmidzi).

3. Memperoleh syafaat di hari kiamat

Nabi ﷺ bersabda, “Bacalah Al-Qur'an. Sebab, ia akan datang memberikan syafaat pada hari Kiamat kepada pemilik (pembaca, pengamal)-nya," (HR. Ahmad).

Dengan menyibukkan diri membaca Al-Quran di bulan Ramadhan, Insha Allah Kita akan memperoleh syafaat di hari kiamat, aamiin.***

Penulis: Ahmad Amarel
Editor: Ahyar

Baca Juga