Dhani Ahmad Divonis 1,5 Tahun Penjara

Jakarta, Akuratnews.com - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan vonis pada musisi Dhani Ahmad 1,5 tahun penjara karena terbukti dalam kasus ujaran kebencian.

Hal ini disampaikan oleh Hakim Ketua Ratmoho, SH MH pada saat membacakan putusan perkara kasus ujaran kebencian dengan terdakwa Ahmad Dhani di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (28/01).

"Menjatuhkan pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan, memerintahkan agar terdakwa ditahan" kata Hakim Ketua Ratmoho pada saat membacakan amar putusan.

Selain itu Hakim ketua dalam amar putusannya menyatakan bahwa perbuatan yang dilakukan oleh terdakwa dapat berpotensi untuk memecah belah antar golongan.

"Perbuatan terdakwa dapat dalam berpotensi memecah belah antar golongan," ujar Ratmoho.

Dan hal inilah yang menjadi bahan pertimbangan yang memberatkan sedangkan pertimbangan hal yang meringankan bagi Dhani adalah belum pernah dihukum dan berlaku sopan di persidangan.

Dalam proses penyidikan kasus ujaran kebencian ini, Dhani tidak menjalani masa tahanan, dan usai vonis jatuh, hakim memerintahkan untuk penahanan Dhani sebagaimana diatur dalam Pasal 197 ayat 1 huruf K.

Masalah ini berawal dari Ahmad Dhani yang terbukti melakukan ujaran kebencian dengan 3 cuitan di unggah di akun Twitter Dhani, @AHMADDHANIPRAST. (Jewe)

Penulis:

Baca Juga