Bukan Ronny, Tapi Yasonna Yang Harus Dicopot Jokowi

Jakarta, Akuratnews.com - Pasca Dirjen Imigrasi, Ronny F Sompie dipecat Menkumham, Yasonna Laoly, Indonesia Corruption Watch (ICW) langsung meresponsnya dengan keras.

ICW menilai, pencopotan Ronny sebagai Dirjen Imigrasi terkait kasus eks caleg PDIP, Harun Masiku sangat tidak tepat.

Justru seharusnya yang bertanggungjawab dalam hal ini adalah Yasonna Laoly. Sebab politikus PDIP itu sebagai pimpinan tertinggi di Kemenkumham dan ikut menyebarkan informasi yang tidak benar soal keberadaan Harun Masiku.

"Lebih baik Yasonna Laoly juga dicopot Presiden Jokowi. Sebab, bagaimana pun dia (Yasonna) merupakan otoritas tertinggi Kementerian Hukum dan HAM," ujar Peneliti ICW Kurnia Ramadhana, Rabu (29/1).

Menurut Kurnia, pernyataan Yasonna soal Harun belum berada di Indonesia berefek buruk bagi penanganan kasus yang menjerat eks Komisioner KPU, Wahyu Setiawan.

Seperti diketahui, simpang siur keberadaan Harun sempat membuat geger publik usai OTT KPK pada 8 Januari lalu. Pada 13 Januari, Ditjen Imigrasi Kemenkumham menyatakan Harun Masiku pergi ke Singapura sejak 6 Januari dan belum ada catatan kembali.

Hal ini diperkuat oleh pernyataan Yasonna yang menyebut Harun belum kembali ke Indonesia.

Belakangan, baru terungkap bahwa Harun sudah ada di Indonesia sejak 7 Januari 2020. Namun hal itu baru diumumkan pihak Imigrasi pada 22 Januari dengan alasan sistem Imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta mengalami delay.

"Faktanya dia (Yasonna) telah berkata tidak sesuai dengan fakta terkait keberadaan Harun Masiku. Jadi, harusnya Yasonna ikut bertanggung jawab atas situasi hari ini," katanya.

"Efek dari kekeliruan data tersebut amat krusial, kerja penegak hukum jadi terganggu karena mempercayai begitu saja pernyataan Yasonna," pungkas Kurnia.

Terpisah, Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI), Petrus Selestinus menilai, alasan Yasonna mencopot Ronny untuk menghindari konflik kepentingan tak masuk akal. Petrus justru melihat Yasonna-lah yang memiliki konflik kepentingan dalam perkara Harun Masiku.

“Yasonna yang punya konflik kepentingan bukan Ronny, dia (Ronny) bukan polisi tidak ada konflik kepentingan dia di kasus ini,” tandasnya.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga