Cegah Banjir, Lurah Balangnipa Sinjai Pimpin Kerja Bakti Massal

Kerja bakti massal oleh Tiga Pilar Kelurahan Balangnipa di Lingkungan Tokinjong, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. /Ashari/AKURATNEWS.

AKURATNEWS - Tiga Pilar Kelurahan Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan menggelar kerja bakti massal di Lingkungan Tokinjong, Kelurahan Balangnipa, Sabtu (13/11/2021).

Lurah Balangnipa, Muh Azharuddin Al Anshary mengatakan bahwa kegiatan yang digelar sebagai tindaklanjut dari apel siaga yang sebelumnya digelar oleh Pemkab Sinjai dalam mengantisipasi fenomena La Nina atau perubahan cuaca yang berpotensi terjadinya bencana alam seperti banjir.

"Kerja bakti ini kita pusatkan dibeberapa titik drainase atau saluran yang ada di Tokinjong. Kita lakukan penggerukan sedimen dan pembersihan sampah pada drainase, guna mengantisipasi terjadinya genangan jika curah hujan tinggi," ungkap Azharuddin yang memimpin kerja bakti.

Ia menjelaskan bahwa sesuai penyampaian BMKG terkait peringatan dini tentang fenomena La Nina, diperakirakan terjadi Oktober 2021 hingga Februari 2022 mendatang.

Untuk itulah, kata Azharuddin, guna memperkecil resiko hal yang tidak diinginkan terjadi, maka sejak dini mengantisipasi dengan melakukan kerja bakti.

"Alhamdulillah berkat dukungan dan partisipasi para stakeholder maupun peran serta warga setempat, kegiatan ini berjalan lancar. Terima kasih kami ucapkan, semoga sinergitas ini terus terjalin sehingga kegiatan-kegiatan seperti ini terus kita galakkan dan berkelanjutan," tutupnya.

Dalam kerja bakti massal ini turut diikuti dari instansi Dinas Satpol PP dan Damkar Sinjai, Danramil 1424-01/Sinjai Utara Kapten Inf Hoer Apandi beserta jajaran, Kapolsek Sinjai Utara diwakili Wakapolsek Ipda Suparman beserta jajaran, para kepala lingkungan dan ketua RT/RW se-Kelurahan Balangnipa.

Penulis: Ashari

Baca Juga