Bahas Percepatan Penyaluran Anggaran

Jabat Kepala KPPN Sinjai, Arif Kurniadi Temui Pimpinan Instansi Vertikal

Kunjungan Kepala KPPN Sinjai, Arif Kurniadi di Mapolres Sinjai, Sulawesi Selatan. /ist/Akuratnews.

AKURATNEWS - Kepala Pembendaharaan Negara (KPPN) Sinjai, Arif Kurniadi melaksanakan kunjungan silaturahim dengan sejumlah pimpinan instansi vertikal di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Senin (23/5/2022).

Kunjungan yang berlangsung sejak 17 hingga 20 Mei 2022 tersebut selain memperkenalkan diri sebagai Kepala KPPN Sinjai yang baru, juga sebagai bentuk penguatan hubungan kerjasama yang selama ini terbangun dengan baik selaku mitra.

Sebelumnya, Arif Kurniadi beserta jajarannya juga telah melaksanakan silaturrahim yang dikemas dengan acara Halal Bi Halal bersama dengan awak media di Kantor KPPN Sinjai.

Didampingi Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker KPPN Sinjai, Arif Kurniadi memulai kunjungannya ke Satuan Kerja Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Sinjai dan membahas progres Pembangunan Dermaga Pelabuhan di Desa Pulau Harapan, Kecamatan Pulau Sembilan dengan nilai kontrak sebesar Rp63 milyar, masa kontrak tiga tahun.

Hari berikutnya secara berturut-turut, Arif Kurniadi mengunjungi Satker Kementerian Agama, Kejaksaan Negeri, Polres, Pengadilan Negeri, Kantor Pertanahan, Badan Pusat Statistik, dan akan menyusul satuan kerja lainnya untuk segera dikunjungi.

Dalam kunjungannya tersebut, Arif Kurniadi mendapat sambutan hangat dari para pimpinan instansi dan berlangsung dalam suasana santai dan penuh keakraban.

Secara umum, Arif Kurniadi menyampaikan harapannya agar kerjasama dan sinergitas terus terjalin dan bersama memberikan kontribusi terhadap kemajuan pembangunan Kota Sinjai dan berkembang setara dengan kota-kota lainnya di Sulawesi Selatan.

Ia juga meminta kepada pimpinan instansi selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) untuk mengawal dan mendorong percepatan penyaluran anggaran yang lebih berkualitas, memaksimalkan nilai IKPA melalui peningkatan nilai-nilai setiap indikator, terutama indikator Capaian Output, Deviasi Hal III DIPA (penyesuaian RPD) serta pengelolaan UP dan TUP sesuai ketentuan yang ada.

Sehingga, kata Arif Kurniadi, kinerja anggaran pada periode mendatang bisa lebih ditingkatkan lagi.

"Untuk mendukung hal itu, seluruh SDM yang ada di KPPN Sinjai siap membantu teman-teman pengelola keuangan di satker. Jika ditemukan kendala dan permasalahan teknis di lapangan, silahkan berkoordinasi dengan petugas kami," ungkap Arif Kurniadi.

Ia juga menjelaskan bahwa setiap triwulan, KPPN Sinjai akan mengadakan pertemuan dengan para KPA dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) atas Kinerja Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Lingkup KPPN Sinjai triwulan sebelumnya.

Kegiatan tersebut, sambung Arif Kurniadi, sebagai terobosan baru untuk lebih mendekatkan dan mengintensifkan komunikasi dan koordinasi antar pimpinan, juga diharapkan dengan kegiatan tersebut, para pimpinan selaku KPA dapat mengambil langkah-langkah strategis dalam rangka peningkatan kinerja pelaksanaan anggaran yang lebih berkualitas.

"Tugas dan peran KPPN saat ini bukan lagi hanya sekedar melaksanakan pembayaran dan penyaluran dana APBN Pusat dan Transfer ke daerah, akan tetapi peran KPPN saat ini lebih luas lagi sebagaimana harapan Pimpinan Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) yakni menjalankan peran sebagai Regional Chief Ekonomist (RCE) melalui penguatan koordinasi dengan berbagai pihak (stakeholders), termasuk pemerintah daerah, sehingga kehadiran KPPN di daerah benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dalam mendorong pembangunan untuk kesejahteraan rakyat melalui analisis data dan informasi pelaksanaan APBN, perekonomian dan fiskal daerah," jelasnya.

Diakhir kunjungannya, Arif Kurniadi menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas sambutan hangat dan kerjasama yang selama ini terbangun dengan para pimpinan instansi.

"Semoga kerja sama yang baik ini dapat terus ditingkatkan di masa mendatang," harapnya.

Penulis: Ashari

Baca Juga