Karyawan Nyonya Meneer Tuntut Gaji Rp 98 Miliar Dibayar

Semarang, Akuratnews.com - Pasca dinyatakan pailit oleh Pengadilan Negeri Semarang, Jawa Tengah pada 3 Agustus lalu, PT Nyonya Meneer masih memiliki hutang kepada ribuan buruh yang bekerja di perusahaan itu. Setelah dihitung total tagihan itu mencapai Rp98 miliar lebih.

Setelah melakukan penghitungan pada 19 Agustus, tim kuasa hukum dari buruh PT Nyonya Meneer telah mengajukan tagihan ke tim kurator PN Semarang.

Total tagihan yang disampaikan ke kurator mencapai Rp98,2 miliar. Angka tersebut terdiri mulai dari gaji karyawan yang belum dibayarkan dari November 2015, tunjangan hari raya tahun 2016 dan 2017 hingga tagihan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Menurut Paulus Sirait, kuasa hukum buruh PT Nyonya Meneer menjelaskan total karyawan perusahaan jamu yang didirikan pada 1919, baik yang bekerja di pabrik di Kaligawe dan pabrik di Raden Patah Semarang mencapai 1.164 karyawan. "Rata-rata mereka bekerja antara 17 hingga 25 tahun. Hingga kini mereka tidak pernah putus asa untuk memperjuangkan hak-haknya."

Seorang karyawan, Restyowati membenarkan bahwa dia dan rekan-rekannya akan terus mengawal proses hukum yang saat ini masih berjalan. Mereka juga menyatakan siap hadir di setiap rapat yang digelar oleh majelis hakim maupun tim kurator di PN Semarang. (Rmn)

Penulis:

Baca Juga