oleh

KPI Minta Media Tak Hanya Beritakan Pemilu Nasional

Jakarta, Akuratnews.com – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menyatakan media online, elektronik maupun cetak memiliki hak yang sama untuk memberikan informasi terhadap publik, khususnya terkait pemberitaan pelaksanaan Pemilu.

Media diharapkan dapat menyampaikan infomasi Pemilu tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga daerah.

“Indonesia itu dari Sabang sampai Merauke mereka juga perlu diinformasikan. Janganlah melulu bahwa pengalaman Pilkada serentak 2015, 2017, 2018 bahwa hanya daerah-daerah besar tertentu yang lebih banyak muncul di media,” kata Komisioner KPI Pusat, Ubaidillah usai diskusi bertajuk ‘Peran Media Dalam Mendorong Kualitas Demokrasi di Pilpres 2019’ di D Hotel, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (19/10/2018).

Ia menjelaskan pihaknya telah membuat suatu gugus tugas bersama Dewan Pers, KPU dan Bawaslu. Sinergi keempat lembaga diharapkan dapat mengawasi media-media yang ada dalam memberitakan terkait Pemilu, serta mengantisipasi permasalahan yang akan muncul di Pemilu 2019 mendatang.

Lebih lanjut, Ubaidillah meminta media memberi kesempatan yang sama kepada semua calon maupun kandidat baik di provinsi, kabupaten dan nasional.

“Kita ingin proses demokrasi yang telah mengeluarkan biaya besar dapat didukung oleh pemberitaan media yang sangat berimbang dan adil,” pungkasnya. (Ysf)

Komentar

News Feed