oleh

Megawati Tidak Ingin PDI Perjuangan Diisi Kader Kutu Loncat

Jakarta, Akuratnews.com – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Megawati Soekarnoputri tidak ingin partai besutannya diisi oleh kader yang doyan loncat dari satu partai ke partai lainnya. Ia menegaskan, PDIP bukan kendaraan lompatan kekuasaan.

“Meskipun terbuka, saya tidak ingin diisi dengan kader karbitan, atau orang yang mendadak kader karbitan atau mendadak kader pada saat Pemilu,” kata Megawati dalam sambutannya pada Rakornas PDIP di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Megawati menyoroti kader yang tidak mendapatkan rekomendasi dari sebuah partai, lalu loncat ke partai lainnya.

Langkah tersebut ia nilai sebagai langkah pragmatis dan mementingkan diri sendiri, ketimbang kepentingan partai.

“Saat ini memang ada fenomena pragmatisme politik, ada politisi maju sebagai legislatif, ada eksekutif karena direkomendasikan dari partai misalnya. Namun, saat terpilih karena hasrat untuk naik ke tingkat kekuasaan, atau motif mengamankan diri lantas pindah ke partai lain,” kata Megawati.

Lebih lanjut, ia mengatakan PDIP pernah mengalami kasus serupa. Akan tetapi, ia mengaku tak terlalu mempersoalkannya. Menurutnya, hal tersebut merupakan bagian dari seleksi alam di tubuh partai politik.

“Saya selalu mengibaratkan sebagai seleksi alam ideologi. Seleksi ideologi agar memilah mana kader dan mana bukan kader,” kata Megawati. (Wan)

Loading...

Komentar

News Feed