Menhan: Indonesia Sanggup Perang Berlarut Selama Seribu Tahun

Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu didampingi Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan saat memberikan keterangan pers selepas Rapim Kemhan dan TNI.

Jakarta, Akuratnews.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mengatakan, Indonesia mampu melakukan perang 1000 tahun berlarut-larut dengan sistem perang rakyat semesta.

"Kalau untuk perang, kita seribu tahun eksis kok. Kenapa?, Karena sistem perang kita ini perang rakyat semesta jadi apa yang ada di bumi Indonesia itu yang kita gunakan dan apa yang kita makan," kata Ryamizard selepas mengadakan Rapat Pimpinan di lingkungan Kementerian Pertahanan dan TNI di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

"Jadi kita gak usah khawatir berapa tahun kita berperang?, seribu tahun kita mampu berperang," sambungnya.

Ia juga mengakui dirinya pernah mengungkapkan Indonesia bila perang besar hanya bertahan tiga hari. Ryamizard menjelaskan bahwa saat itu di Indonesia sedang dalam keadaan kelangkaan minyak.

"Itu waktu diskusi saya mungkin sepuluh tahun yang lalu pada waktu itu memang kondisi negara dalam keadaan kelangkaan minyak, jadi masalahnya minyak. Jadi kalau kita perang besar terus menerus, minyak habis dan waktu itu kita kelangkaan minyak," terangnya.

Itu, lanjut Ryamizard, tahun 2005 atau 2006, saya sudah lupa, ada saya bicara begitu. Diskusi kita sama-sama kok. Dan yang bicara-bicara itu para ahli-ahli minyak. "Saya mendengarkan kesimpulan mereka begitu dan wkatu itu memang kelangkaan minyak, saya sampaikan begitu," tegasnya.

"Kalau perang besar terus menerus tiga hari tiga malam, pesawat jalan terus kapal jalan terus habis itu minyak. Tapi yang lain-lain tidak. Kita bisa perang berlarut 1000 tahun kita bisa melaksanakan perang berlarut, TNI mampu kok perang semesta," pungkasnya. (Yan)

Penulis:

Baca Juga