Pemkab Sinjai Bolehkan Warga Bukber dan Tarwih di Masjid, Ini Batasannya

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), SH.,LLM. /Ashari/AKURATNEWS
Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), SH.,LLM. /Ashari/AKURATNEWS

AKURATNEWS - Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) menegaskan bahwa pelaksanaan ibadah pada bulan suci Ramadan 1442 Hijriyah dapat dilaksanakan seperti biasa, Selasa (13/4/2021).

Penegasan tersebut tertuang dalam imbauan Bupati Sinjai nomor 005/01.02.655/Set tentang Panduan Pelaksanaan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H.

Dalam imbauan tersebut, terdapat beberapa poin didalamnya, yaitu melaksanakan ibadah puasa dan amaliah ramadan dengan sebaik-baiknya sebagai sarana meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt.

Kedua, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta memberikan rasa aman kepada umat islam dalam menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadan, agar tetap memperhatikan dan memenuhi segala aspek syariat dan protokol kesehatan.

Ketiga, dalam menjalankan ibadah puasa dan amaliah ramadan, agar berpedoman pada Surat Edaran (SE) Menteri Agama nomor 3 tahun 2021 tentang Panduan Ubadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Sementara itu, dalam SE Menteri Agama RI, sejumlah kegiatan ibadah Ramadan diatur dan dibatasi. Salat fardhu lima waktu, salat tarawih, witir, tadarrus alquran, buka puasa bersama, dan i’tikaf diatur secara ketat, yaitu jumlah kehadiran paling banyak 50 persen dari kapasitas masjid.

Selain itu, ceramah Ramadan (tarawih dan subuh), pengajian, dan tausiyah paling lama dengan durasi waktu paling lama 15 menit.

Imbauan, dan SE dari Menteri Agama RI ini dalam rangka menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat.

“Imbauan ini dikeluarkan dalam upaya menjaga kekusyusuan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan 1442 H," ungkap ASA

Lebih jauh ASA mengatakan bahwa selain hal-hal tersebut, juga untuk mendukung pemerintah melawan dan memutus mata rantai Covid-19.

"Saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, tentunya protokol kesehatan masih tetap dijalankan, dengan berharap wabah ini cepat berakhir," pungkasnya.

Penulis: Ashari

Baca Juga