Peningkatan SDM, Kunci Utama Membangun Sulbar yang Unggul

Majene, Akuratnews.com - Majelis Pimpinan Pusat Korps Alumni Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam (MPP KAFoSSEI), Mega Oktaviany mengatakan Sumber daya manusia merupakan kunci utama dalam pembangunan ekonomi dan keuangan di Kota Majene, Sulawesi Barat (Sulbar).

Hal itu ia katakan saat menjadi pembicara dalam seminar nasional "Prospektus Ekonomi Syariah sebagai Alternatif Ekonomi Mainstream di Erailenial", diselenggarakan Fakultas Ekonomi Islam STAIN Majene, Minggu (27/10/2019).

Pada kesempatan itu, Mega mengatakan, dalam upaya pembangunan sumber daya manusia Sulbar ini diperlukan adanya kolaborasi, sinergi, dan komitmen antara semua pemangku kepentingan: pemerintah, pelaku usaha, dunia kampus, akademisi, intelektual, ormas, organ pemuda, lembaga-lembaga kemahasiswaan, dan lain-lain.

"Jika semua unsur itu serius melakukan konsolidasi, minimal berupaya menjadikan Majene sebagai kota yang mandiri, inovatif, kreatif, dan aman. Maka mimpi kita Majene, atau Sulbar, jadi daerah yang maju dan pusat ekonomi syariah akan mudah terwujud," jelas peneliti muda dan dosen ekonomi syariah, Universitas Gunadarma ini.

Mega mengatakan, jika hal itu dapat digerakkan, apa lagi didukung penuh oleh pemerintah daerah dengan berbagai kebijakan yang aspiratif, program yang mendukung, dan politik anggaran.

"Maka Sulbar, akan menjadi pusat ekonomi yang kuat di Sulawesi, dan Majene akan menjadi pusat destinasi invertasi dan bisnis yang menyenangkan," imbuh ibu muda yang tengah sibuk menyelesaikan P.hD di Malaysia ini.

Selain itu, KAFoSSEI dan STAIN MAJENE juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman dalam hal pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengembangan masyarakat di bidang ekonomi syariah.

Dalam acara seminar tersebut juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara MPP KA-FoSSEI dan STAIN Majene, dalam membangun SDM Majene yang mumpuni agar tercipta manusia yang unggul, inovatif, kreatif, dan mampu bersaing serta paham ekonomi syariah untuk Indonesia maju.

Untuk dapat merealisasikan misi itu, KA-FoSSEI dan STAIN Majene mengharapkan juga dukungan dari FoSSEI Regional dan KSEI ISEC STAIN Majene. "Karena bagaimanapun, lembaga-lembaga ini merupakan inisiator utama yang memperjuangkan ekonomi syariah di Indonesia yang masih konsisten dan terus bergerak," tutup Mega.

Penulis: Redaksi
Editor:Redaksi

Baca Juga