Euro 2020

Pulang Kandang.. Ayam Jantan Prancis Takluk

AKURATNEWS - Lagi dan lagi.. Euro 2020 makan korban. Kandidat kuat juara, Prancis harus mengubur dalam-dalam asa menjadi juara lantaran disingkirkan Swiss lewat drama adu penalti di babak 16 Besar.

Dan celakanya, kegagalan Prancis malah disebabkan gagalnya sang bintang, Kyllian Mbappe menaklukan kiper Swiss, Yann Sommer di tendangan terakhir.

Alhasil Swiss melenggang menang dengan skor (3-3) 4-5 di laga yang digelar di Arena Nationala, Bukares, Selasa (29/6) dini hari WIB.

Semangat skuad Swiss di laga ini memang luar biasa. Gawang Prancis sudah dibobol dulu di menit ke-15 oleh Haris Seferovic.

Bahkan Swiss harusnya bisa unggul saat dapat penalti di awal babak kedua Sayangnya, Ricardo Rodriguez tak mampu memanfaatkannya. Skor pun tetap 1-0.

Gagalnya penalti Rodriguez membuat mental anak-anak Swiss terguncang. Alhasil tim Ayam Jantan bisa membalikkan keadaan berkat gol Karim Benzema di menit 57.

Berselang dua menit dari gol tersebut, Prancis malah dapat membalikan keadaan menjadi 2-1. Lagi-lagi Benzema berdiri di posisi yang tepat menerima bola hasil tepisan Yann Sommer.

Prancis pun semakin kencang. Lewat Paul Pogba yang berhasil melepaskan tendangan melengkung indah dari jarak jauh ke sudut atas gawang dan tak dapat dijangkau Yann Sommer. Skor berubah menjadi 3-1 di menit 76.

Tapi Swiss tak patah arang. Di menit 80. Haris Seferovic memperkecil ketertinggalan Swiss menjadi 3-2.

Tak mau menyerah begitu saja di penghujung babak kedua, tepatnya menit 89, Gavranofic mampu lepas dari pengawalan dan menendang dari luar kotak penalti. Skor menjadi 3-3.

Masuk babak tambahan, ancaman pertama datang dari pemain Swiss Admir Mehmedi di menit 91. Namun bola yang ditendang mengarah tepat ke pelukan Hugo Lloris.

Dua menit berselang peluang diciptakan Olivier Giroud yang baru masuk menggantikan Benzema. Bola yang meluncur deras dapat ditepis keluar oleh Yann Sommer.

Sejumlah pemain pun mulai berjatuhan lantaran staminanya berkurang. Pada 15 menit pertama skor masih imbang 3-3.

Pada 15 menit kedua, Prancis terlihat lebih mengurung pertahanan Swiss. Peluang pun diciptakan Mbappe pada menit 109, sayang tembakannya masih melebar jauh.

Swiss pun sesekali melakukan serangan balik. Namun sampai wasit meniup peluit panjang skor masih 3-3 dan laga pun dilanjutkan dengan drama adu penalti.

Gafranovic yang menjadi eksekutor pertama bagi Swiss mampu melesakkan bola hingga tak mampu dibendung Hugo Lloris.

Swiss dan Prancis sukses menyarangkan bola pada empat eksekutor selanjutnya. Kedua kiper pun sempat menebak arah bola namun tak mampu menepisnya keluar.

Nah.. Kylian Mbappe yang jadi sandungan. Sebagai penendang terakhir, ia justru gagal mengeksekusinya dengan baik.

Karuan saja Prancis pun harus gigit jari. Sang bintangnya, Mbappe tak mampu menaklukkan Sommer. Bola tendangan Mbappe sukses di blok Sommer.

Dan.. Ayam Jantan pun harus balik ke kandangnya.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga