Sepanjang 2020 Curanmor Meningkat di Surabaya

Surabaya, Akuratnews.com - Kasus kriminalitas pencurian sepeda motor di Wilayah Hukum Polrestabes Surabaya, meningkat cukup tajam, sepanjang tahun 2020.

Berdasarkan data kepolisian, pada 2020 ada 818 laporan yang diterima. Namun, hanya 219 kasus yang berhasil diungkap. Sementara tahun 2019 lalu, Polrestabes Surabaya mendapatkan laporan sebanyak 267 kasus dan yang sudah terungkap ada 178 kasus.

"Ada kenaikan sekitar 18 persen di tahun 2020 jika dibandingkan tahun 2019. Pengungkapannya ada penurunan sekitar 27 persen. Yang paling signifikan adalah Curanmor, naik hampir dua kali lipat lebih," ungkap Kapolrestabes Surabaya Kombes Johnny Eddizon Isir dalam, Kamis (30/12/2020).

Ditambahkan Isir, selain Curanmor kasus pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian dengan kekerasan (curas) juga menonjol.

"Ada beberapa kasus yang juga cukup menonjol di tahun ini, yakni curat dan curas. Namun dari segi pengungkapannya kasus pencurian dengan pemberatan cukup tinggi," imbuh Isir.

"Kasus ini terjadi di pemukiman dan jalan umum. Nanti untuk kedepannya jadi pembelajaran, sehingga nanti kemudian fungsi-fungsi preemtive dan preventif jadi lebih fokus. Jadi teman-teman yang ada di Polsek bisa terintegritas dengan Polrestabes Surabaya," pungkas mantan Kapolrestabes Medan itu.

Penulis:

Baca Juga