Tanggapi Pernyataan Arya Sinulingga, Adian Napitupulu: Itu Kesalahan Besar

Politisi PDI-P Adian Napitupulu. (dok)

Jakarta. Akuratnews - Terkait pernyataan Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga yang mengatakan bahwa tidak ada pembukaan lowongan kerja untuk komisaris dan direksi di perusahaan BUMN secara terbuka, mendapat respon santai tapi menohok dari Politikus PDIP dan Sekjen PENA 98 Adian Napitupulu.

Adian Napitupulu justru menganggap pernyataan Arya Sinulingga bahwa dalam budaya Korporasi tidak pernah ada lowongan Direksi dan Komisaris yang dipublikasikan terbuka adalah arahan dari Menteri BUMN Erik Tohir

"Karena itu pernyataan Stafsus menteri BUMN maka saya akan menganggapnya juga sebagai pernyataan atau setidaknya arahan dari menteri BUMN," kata Adian Napitupulu yang disampaikannya melalui pesan elektronik ke Akuratnews. Sabtu (25/7/2020).

Dikatakan Adian, pengumuman lowongan untuk posisi Komisaris dan Direksi di perusahaan plat merah itu ada dan bukan hal baru.

"Apakah ada korporasi yang mengumumkan lowongan untuk mengisi jabatan Komisaris dan Direksi secara terbuka melalui media? Ada! Dan itu sebenarnya bukan hal baru bahkan sering di lakukan," tegasnya.

Ditambahkan Adian, pernyataan Arya justru membuat dirinya bertanya-tanya, apakah Arya pernah membaca adanya pengumuman lowongan posisi di perusahaan-perusahaan BUMN.

"Jadi kalau dikatakan itu tidak pernah ada atau hanya satu dua maka jangan jangan memang dia tidak pernah membaca, tidak pernah baca, bukan berarti itu tidak pernah ada," tambahnya.

Adian bahkan mengutip beberapa pengumuman lowongan posisi di BUMN, diantara :

1. Perusda Pasar Surya Surabaya pada bulan April tahun 2017 pernah umumkan secara terbuka untuk lowongan sebagai Direktur Utama dan Direktur Administrasi Keuangan.

2. PT Patralog pada tanggal 12 hingga 20 Juni 2019 membuka lowongan kerja sebagai Direksi.

3. PT Bank Jatim pada 18 Desember 2019 membuka lowongan untuk Direktur Utama dan Direktur Konsumer Ritel dan Usaha Syariah.

4. PT Jateng Petro Energi membuka lowongkan kerja untuk Direksi dan Komisaris pada tanggal 6 Mei 2020

"Sebenarnya masih banyak contoh lainnya, tapi tidak mungkin saya tuliskan semua di sini," ungkapnya

Ditegaskan Adian, dari contoh di atas maka pernyataan Arya Sinulingga yang disampaikannya ke publik adalah sebuah kesalahan besar.

"Pernyataannya bahwa tidak pernah ada lowongan Direksi atau Komisaris Corporate yang di umumkan terbuka tentu sebuah kesalahan besar atau sok tahu yang sangat akut," pungkasnya.

Sebelumnya, Staff khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyatakan bahwa tidak pernah ada pembukaan lowongan kerja untuk direksi dan komisaris secara terbuka disejumlah media nasional. (akuratnews).

Penulis:

Baca Juga