Tiba Besok, Akankah Kasus Hukum Habib Rizieq Diproses Lagi?

Jakarta, Akuratnews.com - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Selasa (10/11).

Sebelum berangkat dari Arab Saudi, Habib Rizieq telah melakukan swab di Arab Saudi.

“Insya Allah, Selasa pukul 09.00 WIB, tanggal 10 November tiba di Bandara Soetta,” kata Juru Bicara FPI Munarman, Senin (9/11).

Munarman mengimbau penjemput yang hadir di Bandara Soetta menerapkan protokol kesehatan. Selama dalam perjalanan ke bandara juga diminta tertib berlalu lintas.

“Kepada masyarakat yang menjemput kita imbau untuk tertib dan mengikuti arahan dari petugas,” ujar Munarman.

Ketua PA 212, Slamet Maarif menambahkan, Habib Rizieq akan menjalankan isolasi mandiri di Markas FPI setibanya di Indonesia.

“Dari bandara (Soekarno Hatta) langsung ke Petamburan sesuai rencana,” kata Slamet.

Namun bagi banyak pihak, kepulangan Habib Rizieq diharapkan menjadi momentum untuk menyelesaikan kasus-kasus yang melibatkannya.

'Yang pasti, begitu tiba di Indonesia, Polri harus memprosesnya dan menyelesaikan kasusnya secara hukum," ujar Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane di Jakarta, Minggu (8/11).

Neta mengatakan, setidaknya ada sembilan kasus yang menjerat Habin Rizieq, namun tak satu pun kasus yang dilanjutkan Polri lantaran Rizieq pergi meninggalkan Indonesia dan memilih tinggal sementara di Arab Saudi.

Terpisah, Ketua Tim Task Force Forum Advokat Pengawal Pancasila (FAPP), Petrus Selestinus mengatakan, SP3 kasus Rizieq bisa saja dibuka kembali, manakala penyidik telah mendapatkan tambahan alat bukti untuk memperkuat alat bukti yang telah ada, maka penyidik berwenang membatalkan SP3.

"Dengan demikian membuka kembali penyidikan dan mengembalikan status tersangka Rizieq Shihab, disertai penahanan di Rutan," kata Petrus, Minggu (8/11).

Menurut Petrus, meski dua kasus pidana sudah di SP3, namun belasan kasus Laporan Pidana terhadap Rizieq Shihab, masih menunggu proses hukum di sejumlah Polda yaitu di Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Bali dll. di bawah koordinasi Bareskrim Polri, karena selama Rizieq Shihab berada di Arab Saudi, proses hukumnya terhenti.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono mengaku belum bisa memastikan apakah akan ada penangkapan Habib Rizieq setibanya di Indonesia.

“Pokoknya kalau mau pulang, pulang saja. Kami tidak mau menanggapi itu,” kata Awi kepada wartawan.

Ia menambahkan bahwa jajarannya tak pernah mengusir Habib Rizieq dari tanah air.

“Selama ini kami tidak pernah mengusir,” kata Awi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan, ada beberapa laporan terkait Habib Rizieq. Namun, ia belum memperbarui informasi terkait status kasus tersebut.

"Memang banyak laporan polisi yang menyangkut masalah Pak Rizieq Syihab. Nanti akan saya cek nanti. Saya akan cek kembali ke Reskrim," kata Yusri kepada wartawan, Kamis (5/11) lalu.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga