Tingkatkan Pembangunan Desa, Program TMMD Relevan dan Dibutuhkan

AKURATNEWS - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) wilayah perbatasan ke 111 Kodim 0911/Nunukan yang dilaksanakan di Desa Persiapan Binusan Dalam RT 11, Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) dinilai punya manfaat yang sangat besar terhadap masyarakat di perbatasan.

"Apa yang dilakukan TNI Kodim 0911/Nunukan saat ini merupakan sebuah kegiatan memajukan dan mensejahterakan masyarakat yang tidak boleh dipandang sebelah mata," kata tokoh masyarakat setempat, Hendrikus, Sabtu (10/7).

Untuk diketahui, Desa Binusan Dalam merupakan desa persiapan yang akan segera didefinitifkan menjadi Desa baru, pecahan dari Desa Binusan Kecamatan Nunukan, Kaltara ini memiliki 7 RT yang dihuni 1.834 jiwa dan 476 Kepala Keluarga (KK). Sementara di RT 11 Desa Binusan Dalam terdapat 300 jiwa yang tinggal.

Karenanya diharapkan Hendrikus, program TMMD Kodim 0911/Nunukan bermakna besar bagi masyarakat setempat.

"Program TMMD sangat dibutuhkan oleh masyarakat guna meningkatkan pembangunan pedesaan dan menunjang hasil panen di wilayahnya," ucap Hendrikus.

Dalam Program TMMD ini, Kodim 0911/Nunukan membangun sejumlah sasaran fisik yaitu, Pembukaan Badan Jalan 1.850 x 6 meter, pembangunan empat buah plat duiker dengan ukuran 1,5 x 6 meter serta sasaran tambahan seperti pembuatan MCK 1 unit dan rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) sebanyak lima unit.

Untuk sasaran non fisik meliputi Penyuluhan Wawasan Nusantara, Penyuluhan Bela Negara, Pelayanan Kesehatan (Bahaya Narkoba & HIV/AIDS), Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas, Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Peternakan, Sosialisasi Covid-19, Penyuluhan perekrutan menjadi anggota TNI, Sosialisasi Stunting, Kegiatan Posyandu dan Posbindu.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga