Kedepankan ‘Syariah Untuk Semua’, Prudential Syariah Bidik Lima Juta Nasabah

AKURATNEWS - PT Prudential Shariah Life Assurance atau yang biasa disebut Prudential Syariah meluncur usai resmi memperoleh izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Didirikan untuk berkontribusi pada ekonomi syariah Indonesia dengan melihat tren masyarakat kelas menengah dan milenial saat melakukan gaya finansial dan hidup syariah, Prudential Syariah pun coba mengedepankan prinsip 'Syariah untuk Semua'.

“Kita ingin target nasabah lebih dari lima juta orang selama lima tahun ke depan. Untuk mencapai target tersebut, perusahaan kami perlu berinovasi dengan menghadirkan produk baru dan meningkatkan digitalisasi,” ujar Chief Executive of Prudential Asia and Africa, Nic Nicandrou di sela peluncuran Prudential Syariah di Jakarta, Selasa (5/4).

Nic menyebut, PT Prudential Syariah berupaya menjadi pelopor meningkatkan literasi produk keuangan. Saat ini, Perusahaan berbasis syariah tersebut menyediakan layanan asuransi dan simpanan untuk 400 ribu populasi muslim. Sedangkan di negara tetangga seperti Malaysia, Prudential Syariah mencapai market share sebesar 30 persen.

Untuk meluncurkan produk berbasis syariah, PT Prudential Syariah perlu membuat infrastruktur aturan dengan segmentasi pasar tertentu. Sayangnya, Prudential di kancah global belum meluncurkan layanan syariah di negara lain selain Indonesia dan Malaysia.

“Walaupun di India terdapat 200 juta muslim, kita perlu infrastruktur agar layanan syariah dapat terwujud,” ujar Nic.

Sementara itu, Presiden Direktur Prudential Syariah, Omar Sjawaldy Anwar menjelaskan, infrastruktur aturan yang dimaksud adalah fatwa. Dikatakannya, asuransi syariah memerlukan 10 fatwa berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Jumlah itu sedikit dibandingkan industri perbankan yang berlandaskan 100 fatwa.

“Perbandingan target dari sisi konvensional, Presidential Syariah sebesar 35-40 persen,” ujarnya.

Omar juga menyebut, Prudential Syariah menjadi industri asuransi jiwa syariah Indonesia terbesar dari sisi aset. Pangsa Prudential dari dana terbaru sebesar 45 persen. Sedangkan tenaga pemasar berlisensi syariah sebanyak 134 ribu tersebar di 152 kota sebesar 75 persen.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga