Masyarakat Maritim di Donggala Antusias Ikuti Serbuan Vaksinasi Lanal Palu

AKURATNEWS - Pelabuhan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di desa Labuhan Bajo Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala Kembali dijadikan Posko Serbuan Vaksinasi kepada masyarakat maritime oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) atau biasa disebut Lanal Palu, Selasa 06 Juli 2021.

Kali ini, para jajaran Lanal Palu lebih gencar lagi dalam melaksanakan Serbuan Vaksinasi. Hal ini dapat kita lihat dari beberapa hal yang dilakukan personil Lanal Palu. Diantaranya, pemberian informasi langsung kepada masyarakat pesisir.

Tidak hanya itu, bahkan personil Lanal Palu pun menyediakan layanan antar jemput ke daerah - daerah pelosok dengan kendaraan bus dan speedboat (Sea Rider) untuk masyarakat pelosok pesisir pantai yang ingin melaksanakan vaksinasi dan mengalami kendala transportasi.

Tim Kesehatan Pangkalan TNI AL Palu yang dimotori oleh Letda Laut (K/W) Dr, Wira Nirwana yang dibantu anggota Balai Kesehatan (BK) Lanal Palu, dalam melaksanakan Serbuan Vaksinasi Covid-19, sampai menyasar kepada crew kapal-kapal ikan yang sandar di Pelabuhan PPI Kabupaten Donggala.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan laut (Danlanal) Palu, Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting, M.Tr.Hanla terpantau hadir dan turun langsung bersama Tim Kesehatan Lanal Palu dalam pelaksanaan Serbuan Vaksinasi di dermaga PPI Donggala.

Menurut pantauan dan informasi lapangan, pelaksanaan serbuan vaksinasi di Pelabuhan PPI Donggala kali ini dimonitor secara langsung dari Mabes TNI AL. Komandan Lanal Palu melaporkan kegiatan secara live dengan dilaksanakannya Video Conference (Vidcon) dengan Mabes TNI AL yang dipimpin langsung Kepala Staff TNI Angkatan Laut (Kasal) ) Laksamana TNI Yudho Margono,S.E.,M.M.

Antusias masyarakat maritim Kabupaten Donggala relativ besar untuk memperoleh vaksinasi. Ini dibuktikan dengan banyaknya jumlah partisipasi masyarakat yang hadir untuk mendaftar untuk memperoleh vaksinasi. Bahkan bisa melampaui jumlah yang ditargetkan.

Serbuan Vaksinasi di pelabuhan PPI Donggala menggunakan Vaksin kenis Sinovac Biofarma dengan target 100 orang, namun pada pelaksanaannya Lanal Palu menerima 170 pendaftar teregistrasi dan yang mendapatkan vaksinasi 161 orang. Sedangkan tertunda sebanyak 9 orang.

Untuk mensukseskan program serbuan vaksinasi, Lanal Palu dibantu Tim Kesehatan UPTD Puskesmas donggala. Nampak hadir di lokasi vaksinasi, Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala Ibu Andi sebagai perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala.

Danlanal Palu, Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting, M.Tr.Hanla dalam keterangan persnya mengatakan, program serbuan vaksinasi dari Pangkalan TNI AL Palu kepada masyarakat Maritim Kabupaten Donggala sebagai wujud totalitas dukungan Pangkalan TNI AL Palu pada program pemerintah yang didelegasikan kepada Panglima TNI dan Kapolri dalam upaya percepatan serbuan Vaksinasi kepada masyarakat secara nasional.

"Masyarakat yang datang mendaftar dan yang dinyatakan memenuhi syarat lewat screening, keseluruhnya telah mendapatkan vaksinasi. Pukul 15.30 Wita, pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Pangkalan TNI AL Palu ke masyarakat maritim Kabupaten Donggala yang bertempat di Pelabuhan PPI Donggala selesai dilaksanakan," tuturnya.

Penulis: Wardi Bania
Editor: Ahyar

Baca Juga