PD AIJ Sumut Realisasikan Verifikasi Data Pedagang Dan Petani Cabai Dan Bawang Merah

Medan, Akuratnews.com - Direktur Utama Perusahaan Daerah Aneka Industri dan Jasa (PD AIJ) Sumatera Utara Dr. Renny Maysarah, SE, Ak, M.Si, CA. telah memerintahkan jajarannya di Unit Perdagangan dan Distribusi Cabai dan Bawang Merah (UPD CBM), pada bulan ini untuk merealisasikan verifikasi
data pedagang dan petani cabai - bawang merah. Sehingga bisa dijalankan program belanja on- line PD. AIJ Sumut, dan secara langsung terjadi interaksi komunikasi dan komunikasi pedagang, petani dan konsumen.

Dr. Renny Maysarah menyatakan, ada tiga langkah strategis Pengendalian inflasi, yakni, pertama menjaga inflasi komponen bergejolak (volatile food), salah satunya melalui upaya- upaya menurunkan disparitas harga antar waktu dan antar kota/kabupaten; menjaga ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi, dan memperkuat pengembangan ekosistem pertanian digital, termasuk sinkronisasi program dan data.

Langkah strategis kedua, memperkuat sinergi komunikasi untuk mendukung pengelolaan ekspektasi masyarakat; dan ketiga, memperkuat koordinasi pemerintah propinsi dan daerah dalam pengendalian inflasi melalui penyelenggaraan program “Belanja Tripartit” AIJ Sumut. Yang terdiri dari pemerintahan, pengusaha dan petani Cabai dan bawang Merah di Sumatera Utara, ujar Dr. Renny Maysarah.

Keterlibatan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, serta Dirjen Ketahanan Pangan RI Jakarta mewakili keberadaan pemerintah, sedangkan PT. Perkebunan Sumatera Utara, dan PD. Aneka Industri dan Jasa sendiri mewakili keterlibatan Pengusaha, sedangkan Koperasi Pemasaran Rezeki Bangkit Bersama, yang merupakan kumpulan petani-petani Cabai dan Bawang yang tersebar di Deli Serdang, Langkat, Karo, Dairi, Phakpak Bharat dan Serdang Bedagai mewakili keberadaan
petani.

Direktur Utama PD. AIJ Sumut, Dr. Renny Maysarah di dampingi oleh Direktur Operasional Muhammad Hidayat Nur, S.Sos, dan Koordinator UPD CBM Efrizal Adil, SE, MA, dalam siaran pers menyampaikan bahwa PD. AIJ Sumut sebagai salah satu anggota TPID Sumatera Utara dalam pengandalian inflasi dengan dukungan dari pemerintah daerah dilakukan dengan sejumlah upaya, yakni, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah dan dalam rangka pengendalian harga, kemudian mengatasi masalah infrastruktur distribusi pangan daerah dan segera melakukan perbaikan yang diperlukan, serta membangunan infrastruktur terus dioptimalkan sehingga memberikan dampak positif dalam perbaikan konektivitas dan kelancaran distribusi barang dan jasa.

Inflasi yang rendah dan stabil telah mendukung momentum pertumbuhan ekonomi, di tengah kondisi pertumbuhan ekonomi global yang melambat.

"Hal ini berkontribusi positif dalam menjaga daya beli masyarakat, memberikan insentif bagi penanaman modal termasuk investasi, dan meningkatkan daya saing perekonomian" tambah Muhammad Hidayat Nur, S.Sos, selaku Direktur Operasional PD. AIJ Sumut.

Sejalan dengan rencana PD. AIJ Sumut melalui UPD CBM telah melakukan verifikasi data pedagang retail dan petani cabai dan bawang merah, diawali dari Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Langkat, Kota Binjai, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Batu Bara dan Kabupaten Karo, kata Efrizal Adil, selaku Koordinator UPD CBN PD. AIJ Sumut.

"Dengan diperbaiki pangkalan data ini akan ditindak lanjut dengan membuat pangkalan data petani dan pedagang cabai serta bawang merah di Sumatera Utara secara virtual, sehingga konsumen dapat melakukan akses dan transaksi langsung dengan pedagang dan petani cabai dan bawang merah" kata Efrizal.

Baca Juga