Pemda Matim Menggelar Sosialisasi UU Ketenagakerjaan

AKURATNEWS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Timur (Matim) melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) menggelar sosialisasi UU ketenagakerjaan untuk wilayah Kecamatan Borong dan Kecamatan Rana Mese.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Matim Ir. Boni Hasudungan bertempat di Aula Hotel Gloria Borong, Rabu, 10 November 2021.

Dalam kegiatan itu, Disnakertrans Matim melibatkan narasumber dari pihak BPJS Ketenagakerjaan dan Polres Matim dan dihadiri oleh 50 peserta yang berasal dari wilayah Kec Borong dan Rana Mese.

Para peserta sosialisasi adalah pengusaha, sebagai penyerap tenaga kerja; para tenaga kerja, dan para Kepala Desa dan Lurah sebagai pemerintah yang bertugas melindungi pemenuhan hak dan kewajiban tenaga kerja.

Tujuan dilaksanakannya sosialisasi adalah untuk memberikan pemahaman yang sama kepada masyarakat khususnya kepada pemberi kerja dan para pekerja terkait Undang-undang Ketenagakerjaan.

Dalam sambutannya saat itu, Sekda Boni menjelaskan, UU Ketenagakerjaan penting untuk disosialisasikan sehingga tenaga kerja mendapatkan perlindungan melalui pemahaman akan hak dan kewajibannya.

"Undang-undang penting disosialisasikan kepada pengusaha atau para pemberi kerja agar mereka tahu tentang kewajibannya untuk menjamin hak para pekerja dan memberikan perlindungan bagi tenaga kerja," jelas Sekda Boni.

Tenaga kerja, jelas Sekda Manggarai Timur itu, "Harus mendapatkan pemahaman yang sama atas tentang hak dan kewajibannya. Pemahaman ini diharapkan dapat menjamin terjaganya hubungan baik antara pengusaha dan pekerja," jelasnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Yohanes Marto

Baca Juga